http://radenbeletz.blogdetik.com/files/2009/09/un-2010-2011.jpg

Tips-Tips Menjadi Seorang Hacker

# Hacker? ‘mahluk’ jenis ini berkali-kali menjadi inspirasi beberapa film terkenal. Sebut saja ‘The Matrix’ yang menggambarkan seorang hacker dari abad ke-22 yang bernama Neo yang direkrut untuk bergabung dengan para petarung yang diketuai oleh Morpheus untuk melawan mesin yang akan mengendalikan dan memperbudak manusia.

Film ‘The Net’ yang dibintangi oleh Sandra Bullock juga bercerita tentang hacker. Sepertinya sangat keren melihat cara kerja seorang hacker. Kecepatan tangannya melebihi kecepatan tangan manusia biasa. Mau jadi seorang hacker? Lalu apa sajakah langkah-langkah menjadi hacker?

Puas sekali rasanya kalau bisa menembus jaringan keamanan sebuah program. Perasaan inilah yang sering menghinggapi para hacker yang membuat mereka ketagihan untuk selalu melakukan perbuatannya lagi dan lagi.

Kegiatan yang kadang tidak menghasilkan uang tapi malah menghabiskan uang, waktu, dan tenaga. Tapi itulah namanya kesenangan. Apapun dilakukan demi mendapatkan kepuasan batin.

Sebenarnya ada dua tipe hacker. Pertama hacker yang kurang kerjaan alias jahil alias punya niat jahat menghancurkan dan mencuri data dan menghambil manfaat dari data tersebut.

Yang kedua adalah tipe hacker yang senang menguji keamanan sebuah jaringan, lalu memberitahukan pada pemilik jaringan atau administrasi jariangan bahwa jaringannya tidak aman.

Tipe yang kedua ini adalah dari kalangan hacker putih yang berhati mulia dan mau membantu sesama. Tidak jarang kedua golongan ini saling perang demi sebuah tujuan yang berbeda.

Langkah-Langkah Menjadi Hacker

1. Paham Bahasa Inggris

Ya iyalah. Tidak paham bahasa Inggris susah kalau mau menjadi hacker yang mumpuni dan disegani di jagad per-hacker-an. Maklum belum ada bahasa komputer yang 100% pakai bahasa Indonesia. Lagian kalau mau tukar informasi dengan para hacker luar negeri, pakai bahasa apa? Ya, bahasa Inggrislah bahasa yang banyak dipahami oleh orang-orang sejagad raya dunia ini.

2. Mengerti Jaringan Komputer

Pastinya. Kan yang dilakukan oleh hacker memasuki berbagai jaringan komputer. Istilah kerennya, inilah wilayah hacker. Gimana mau menjadi hacker kalau tidak bisa masuk ke wilayah sendiri? Lucu kan? Jadi pelajarilah semua hal yang berkaitan dengan bahasa dan teknik dari jaringan yang ada di komputer.

3. Menguasai Bahasa Pemprograman

Kalau jaringan itu adalah wilayah kerja hacker. Nah, bahasa pemprograman adalah paspor untuk memasuki wilayah tersebut. Lucukan tahu wilayahnya tapi gak bisa masuk. Bahasa pemprograman seperti C++ yang sangat sederhana hingga VB, MySQL, PHP, dan juga script-script HTML. Nantinya, seorang hacker harus punya cara kerja sendiri. Istilah kerennya, masuk ke wilayah per-hacker-an dengan jurus masing-masing. Seru, kan?

4. Pembelajar Sejati

Seorang hacker dituntut melek informasi dan selalu harus menjadi yang pertama tahu tentang kemajuan sebuah teknologi jaringan. Bila perlu, dialah yang membuat trend yang akan menjadikannya seorang hacker sejati. Seorang hacker yang terus-menerus mengasah jurus memasuki jaringan sehingga dia akan selalu bisa membantu orang lain agar jaringan tetap aman.

5. Gaul dan Senang Bersosialisasi

Informasi tidak hanya dicari tapi kadang datang sendiri. Kok bisa? Teman dan jaringan pertemanan akan membuat informasi itu datang sendiri. Sebuah hasil dari senang ngobrol dan berbagi ilmu kepada orang lain.

6. Low Profile

Kalau bisa tidak ada satu orang pun yang tahu kalau kamu adalah seorang hacker. Selain berbahaya, kamu bisa saja dituduh yang macam-macam karena keahlianmu itu. Perlu kamu ingat bahwa image seorang hacker di masyarakat sangat jelek. Jadi berhati-hatilah. Jaga jangan sampai kemampuanmu ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

0 Response to "Tips-Tips Menjadi Seorang Hacker"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme